Jamaah Tariqah NK Rayakan Idul Adha Hari Ini

SURABAYA POST – Jamaah Tariqah Naqsabandiyah Khalidiyah (NK) merayakan hari raya yang berbeda dari pemerintah. Mereka memastikan Hari Raya Idul Adha 1430 Hijriyah, jatuh pada Sabtu 28 November 2009.

Jamaah Tariqah Naqsabandiyah Khalidiyah pun baru melaksanakan salat Id yang dipusatkan di halaman Masjid Baitul Muttaqin. Masjid yang berada di Dusun Kapas, Desa Dukuh Klopo, Kecamatan Peterongan, selama ini memang selain menjadi tempat beribadah, juga sentral pengembangan dakwah mereka.

Penentuan hitungan Hari Raya Kurban tersebut, mundur satu hari dibanding versi pemerintah yang menetapkan Idul Adha pada Jumat 27 November 2009. "Seperti Hari Raya Idul Fitri yang lalu, kita juga berbeda dengan hitungan pemerintah, lambat satu hari," kata Zulkifli, pengikut Jamaah Tariqah NK.

Zulkifli mengatakan, jamaah yang bertempat di Dusun Kapas, Desa Dukuh Klopo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, ini menggunakan metode rukyat di sejumlah tempat yang menjadi basis penentuan hari raya. "Hasilnya, kita pastikan Hari Raya Idul Adha dan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Sabtu," jelasnya.

Ketika didesak tentang penggunaan metode rukyat yang digunakan, Zulkifli menolak memberi keterangan. Ia mengatakan yang lebih tahu adalah KH Nasuha Anwar, selaku Al Mursyid Jamaah Tariqah Naqsabandiyah Khalidiyah. "Yang berwenang untuk menjelaskan adalah Al Mursyid. Tapi, beliaunya tidak ada di tempat karena menunaikan ibadah haji," ujarnya.

Meski berbeda hari pelaksanaan shalat Idul Adha, Jamaah Tariqah NK tetap melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Beberapa hewan qurban yang siap disembelih setelah salat Id itu ditempatkan dekat halaman masjid milik jamaah, Baitul Muttaqin.


Laporan: Syarif Abdulla | Surabaya Post

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini
Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegah Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024