60 Juta Orang di Dunia Terinfeksi HIV

VIVAnews - Hampir 60 juta orang terinfeksi HIV (human immunodeficiency virus) dan 25 juta orang tewas akibat virus HIV.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Ini berdasarkan laporan terbaru dari Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WHO) dan komisi gabungan PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) yang diumumkan di Jenewa, Swiss, Selasa, 24 November 2009.

Meski program pencegahan berhasil mengurangi tingkat rata-rata infeksi sebesar 17 persen dalam kurun delapan tahun terakhir, jumlah total orang dengan HIV terus meningkat pada 2008. Pada akhir 2008, total 33,4 juta orang, yang menunjukkan kenaikan 20 persen dibanding tahun 2000, hidup dengan HIV.

"Kenaikan populasi orang hidup dengan HIV menunjukkan efek kombinasi dari peningkatan infeksi HIV baru dan dampak bermanfaat dari terapi antiretroviral," kata UNAIDS dalam laporan tahunan tersebut, seperti dikutip dari laman The Straits Times.

Afriks Sub-Sahara masih menjadi daerah yang paling terkenda dampak penyebaran HIV dengan 67 persen (22,4 juta) penderita HIV di dunia berada di wilayah tersebut.

Sedangkan di Asia Selatan dan Asia Tenggara, 3,8 juta orang kini hidup dengan HIV.  Angka perbandingan untuk Eropa Timur dan Asia Tengah adalah 1,5 juta penderita.

antique.putra@vivanews.com

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024