Wow.., Mencuri Motor Hanya Semenit

SURABAYA POST -- Setelah melalui perkembangan dan perburuan cukup lama, unit reskrim Polsek Kenjeran berhasil mengamankan tiga pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor. Tak tanggung-tanggung, lebih dari belasan lokasi yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP)-nya.

Antara lain di Jl. Kenjeran, Jl. Kapasan, Jl. Kalijudan, Jl. Tuwowo, Jl. Kedung doro, Jl. Gebang serta beberapa lokasi lainnya. Mereka yang diamankan yakni Nas (30), Ful (39) dan Ziz (27). Ketiganya warga Tambak Wedi Baru dan tinggal di kompleks kos-kosan yang sama.

Bahkan nama terakhir sempat dilubangi betis sebelah kanannya setelah berusaha kabur saat dikeler mencari barang bukti.

Ditemui di Mapolsek, Jl. Nambangan, tersangka Ziz mengaku tidak butuh waktu lama saat mencuri. "Kira-kira semenit-lah. Caranya pakai kunci T. Tapi kita harus pastikan suasana benar-benar sepi dan nggak boleh grogi," tuturnya, Rabu (18/11).

Setiap beraksi, mereka bergantian komplotan. Kadang Ziz duet dengan Ful, kadang dengan Nas, kadang duet dengan pelaku lain yang hingga kini belum tertangkap. Beberapa nama yang belum disergap diantaranya Deng, Mas, Met, Bai dan Man. Tiga nama terakhir berperan sebagai penadah motor hasil curian.

Saat beraksi, komplotan ini juga tak sembarangan saat mencuri. Motor yang diambil harus masih gress agar nilai jual juga agak tinggi.

Semisal, motor Jupiter dijualnya seharga Rp 2 juta dan Mega Pro dijual Rp 2,8 juta. "Harganya bervariasi sesuai tahun pembuatan dan merk-nya," ujar bapak satu anak yang sehari-hari bekerja sebagai makelar penumpang di Bungurasih itu.

Kapolsek Kenjeran AKP Sayen Victor Tarigan mengungkapkan, pihaknya melakukan penangkapan setelah mengintai pelaku beberapa saat. Awalnya, yang diamankan adalah Ful. Kemudian mengembang ke tersangka lain.

"Pelaku lain kami amankan di rumah masing-masing. Tersangka Ziz terpaksa kami tembak karena berusaha kabur saat dikeler," tegasnya.

Dari tangan para tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa motor Yamaha Vega R warna merah nopol L 4844 GB yang digunakan sebagai sarana, satu unit dispenser serta beberapa stel pakaian yang dibelinya dari hasil penjualan motor curian.

Laporan: Fiqih Arfani

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan
Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkapkan kekagumannya terhadap kesuksesan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024