Pemerintah Akan Tingkatkan Pelayanan Haji

VIVAnews --Pemerintah setiap tahun berupaya meningkatkan pelayanan ibadah haji, di sisi lain pemerintah harus bisa menekan kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) melalui subsidi pemerintah (APBN) dan subsidi dari setoran awal BPIH dari jemaah haji.

Demikian diungkapkan Amirul Hajj yang juga Sekjen Departemen Agama Bahrul Hayat didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Slamet Riyanto. Menurut Bahrul Hayat, perbaikan manejerial terhadap penyelenggaraan haji pun dilakukan, antara lain melalui pengajuan sertifikasi ISO.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

"Kami ingin memiliki standar prosedur kerja yang baku. Perbaikan manajerial ini akan berdampak terhadap peningkatan pelayanan kepada jemaah haji," katanya.

Soal kondisi pondokan di Mekkah, Bahrul Hayat mengatakan, relatif jauh lebih baik dari tahun lalu. Dia menambahkan, dari hasil peninjauannya ke pondokan jemaah di Mekkah, walaupun 70 persen berada di luar ring I, tapi posisinya mudah diakses oleh kendaraan. "Jemaah tidak terlalu kesulitan jika ingin menuju Masjidilharam," ujarnya

Amirul Hajj mengatakan, dari hasil pertemuan dengan muassasah di Mekkah, pada Selasa 17 November 2009, diperoleh informasi bahwa jemaah dari berbagai negara pun memperoleh pondokan di luar ring I. Di antaranya Malaysia yang hanya memiliki quota jemaah 26 ribu orang. "Kita bersyukur jemaah haji kita yang berada di ring I berjumlah 52 ribu orang," tuturnya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Slamet Riyanto menambahakan, setiap negara pada musim haji selalu berlomba-lomba mendapatkan pondokan jemaahnya di ring I. "Jumlah jemaah kita yang 200 ribu orang, dengan 52 ribu berada di ring I, sudah proporsional," ujarnya.

Persoalan pengadaan pondokan di Mekkah ini, kata Slamet Riyanto, setiap tahun sangat tergantung dengan berapa banyak pondokan yang dibongkar akibat perluasan Masjidil Haram dan fluktasi harga sewa pondokan yang setiap tahun cenderung naik.

"Kita berharap pemerintah Saudi dapat mengeluarkan standar teknis penyewaan pondokan yang rinci, termasuk harga sewa pondokan yang berada di ring I, dengan menyebutkan jenis, type dan lokasi bangunannya," katanya. sumber: depag.go.id

Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024