MUI Solo Larang Pemutaran Film 2012

VIVAnews -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah Solo bersiap melarang pemutaran film 2012 di wilayah solo. alasan pelarangan karena film tersebut dinilai mengarah ke provokasi penontonnya pada ajaran agama tertentu.

"Kami siap melarang, karena ada provokasi, yakni saat terjadi kekacauan dunia, film tersebut menganjurkannya untuk bersembunyi ke gereja-gereja. Provokasi itu yang kita persoalkan, kalau soal animasi tidak jadi masalah," kata Ketua MUI Solo, Zaenal Abidin kepada VIVAnews di Solo, Selasa, 17 November 2009.

Kendati bersiap melarang pemutaran film tentang cerita kiamat pada 2012 itu, pihaknya belum mengeluarkan fatwa resmi pelarangan tersebut. MUI Solo, kata dia, bakal mengikuti fatwa MUI pusat. "Kalau sikap kita jelas melarang kalau ada provokasi semacam itu, namun untuk resminya kita ikut MUI Pusat," terangnya.

Pihak MUI Solo sendiri mengaku belum melihat pemutaran film tersebut secara langsung. Untuk membuktikan ada atau tidaknya unsur provokasi itu, pihak mui bakal membuktikan sendiri.

"Kami sudah pesan tiket tapi harus menunggu dua hari lagi, kita lihat nanti benar tidak ada unsur provokasi. Kalau benar ya kita siap melarang, kalau soal yang lain kita tidak mempersoalakannya," terangnya.

Sementara itu, Manager Bioskop 21 Solo, Bambang Rahmad mengatakan, adanya kabar larangan dari MUI tidak menjadi masalah. Bahkan, sejak terdengar isu tersebut jumlah penonton yang ingin menonton semakin bertambah banyak.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Pasalnya, mereka merasa penasaran dengan cerita film 2012. "Kenapa koq film itu dilarang di putar?. Sejak saat iu, jumlah antrian penonton yang penasaran dengan film itu semkain banyak," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk menampung jumlah penonton yang membludak itu, pengelola Studio 21 Solo menambah jumlah studio untuk pemutaran film 2010, yaitu dari dua menjadi tiga studio.

Padahal, fil-film pada umumnya hanya menempati satu studio. "Ya, lagi rejeki saja mas. Bahkan, setiap hari jumlah penonton bisa mencapai 1.000 lebih," kata dia dengan sumringah.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23
Chandrika Chika

Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Chandrika Chika, yang dikenal dengan joget papi chulonya, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024