Lapas Baru Dibangun di Jawa Barat

VIVAnews - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Patrialis Akbar menyatakan akan membangun lembaga pemasyarakatan (lapas) baru. Lapas ini akan dibangun di wilayah Jawa Barat.

"Sukabumi dan Banjar," kata Menkumham Patrialis Akbar saat mengunjungi Lapas Karawang, Jumat 14 November 2009. Ini merupakan salah satu program 100 hari pertama dia menjabat sebagai menteri.

Program lainnya, kata dia, pemerintah akan mempermudah pembebasan bersyarat dan remisi. Hal ini ini untuk mengurangi jumlah narapidana di seluruh lapas di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Untung Setyono mengatakan jumlah penghuni lapas di Indonesia melebihi kapasitas. Contohnya, kata dia, Lapas Karawang yang dihuni sekitar 1000 napi dan tahanan. Padahal, kapasitas lapas itu hanya sekitar 300 orang.

Patrialis menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengurangi jumlah tahanan. "Kalau kasus tersangka itu kecil, penahanan ditangguhkan saja. Jangan asal dimasukkan ke penjara," kata dia.

Apakah kelonggaran remisi dan pembebasan bersyarat itu berlaku untuk koruptor? "Tentu tidak. Koruptor pengecualian," kata dia.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024
Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyetujui pendanaan federal sebesar US$ 60 juta atau setara dengan Rp 951,3 miliar membangun kembali jembatan Baltimore

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024