650 Ribu Anak Indonesia Menderita Diabetes

SURABAYA POST – Sekitar 650 ribu anak-anak di Indonesia saat ini menderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2. Jumlah tersebut hanyalah puncak dari gunung es. Penyebab diabetes pada anak-anak juga bervariasi, mulai dari obesitas, keturunan, hingga malnutrisi.

“Mungkin masih banyak penderita yang belum terdeteksi sebab jumlah anak yang mengalami obesitas juga tinggi,” kata Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan FK Unair, Dr dr Imam Susilo SpPA(K), Jumat (13/11).

Mengedukasi anak-anak akan pentingnya pencegahan penyakit diabetes, menurut dia, lebih efektif dibanding pada kalangan dewasa. Anak-anak dinilai lebih mudah menyerap apa yang diajarkan dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, BEM FK Unair akan menggelar senam diabetes massal, Sabtu (13/11) besok. Selain itu juga memberikan penyuluhan kepada orangtua mengenai bahaya diabetes. Kegiatan penyuluhan hanya terbatas untuk 150 peserta.

Laporan: Reny Mardiningsih

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024