Polri dan Jaksa Lawan Kesaksian Williardi

VIVAnews - Kesaksian mengejutkan datang dari Williardi Wizar di sidang kasus pembunuhan Direktur Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen, atas terdakwa Antasari Azhar.

Wiliardi mengatakan penyidikan kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen diskenariokan untuk menjebak Antasari Azhar sebagai dalang pembunuhan. Dia mengaku diminta membuat BAP yang menyudutkan Antasari, dengan iming-iming akan dibebaskan.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Wiliardi memutuskan untuk buka-bukaan dan mencabut kesaksiannya dalam BAP 'rekayasa'. Sebab, janji akan dibebaskan tak kunjung dipenuhi.

Jaksa penuntut umum (JPU) tak tinggal diam. JPU akan menghadirkan para penyidik yang menangani Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Williardi Wizar. Para penyidik akan dihadirkan untuk mengkonfrontir kesaksian Wiliardi.

Mereka yang akan dihadirkan di persidangan adalah para penyidik yang menangani BAP Williardi. Juga sejumlah nama yang disebut Williardi yaitu mantan Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Umum Mabes Polri, Hadiatmoko, dan mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

"Iya jaksa yang minta mereka dihadirkan," kata Antasari usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 10 November 2009.

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs

Sementara, Mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Metro Jaya, M Iriawan, membantah kesaksian Williardi Wizar dalam sidang terdakwa Antasari Azhar. Ia membantah adanya rekayasa penyidikan yang menyudutkan Antasari sebagai dalang pembunuhan.

"Tidak benar ada paksaan atau bujukan untuk melibatkan Antasari," kata Iriawan kepada VIVAnews, Selasa, 10 November 2009. Iriawan turut menangani pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Williardi.

Iriawan justru menuding kesaksian Williardi, yang merupakan mantan Kepala Kepolisian Jakarta Selatan berpangkat Komisaris Besar, itu sebagai persekongkolan bersama Antasari. Ia melihat Williardi sudah frustasi lantaran tak bisa mengelak dari dakwaan jaksa.

"Lagipula bagaimana mungkin kami mendesak atau menekan seorang Kombes. Malahan Williardi itu lebih galak dari penyidik kami," kata Iriawan.

Kasus pembunuhan Nasrudin menyeret sejumlah nama pejabat seperti Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif Antasari Azhar, mantan Kapolres Jakarta Selatan Williardi Wizar, serta dua pengusaha papan atas yaitu Sigid Haryo Wibisono, dan Jerry Hermawan Lo.

Nasrudin ditembak usai bermain golf di Padang Golf Modernland, Cikokol, Tangerang, sekitar pukul 14.00, Sabtu 14 Maret 2009. Ia tewas 22 jam kemudian dengan dua peluru bersarang di kepalanya.


Sandra Dewi Tak Lagi Jadi Brand Ambassador Produk Ini, Buntut Kasus Harvey?
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024