NASIONAL

Belajar Cermat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Cara ini dibuat untuk mendampingi para orang tua dalam mengajarkan pengetahuan pada anak.
Senin, 2 November 2009
Oleh : JufriAyu
Seminar 'Belajar cerdas untuk tumbuh kembang anak'

VIVAnews – Dancow Parenting Center (DPC) mendukung orang tua dalam mengembangkan potensi anak, kembali mengadakan Dancow Inspiring Parenting (DIP).

Pada tahun kelima, DPC kali ini fokus kepada peningkatan kedekatan orang tua dan anak, mendampingi orang tua dalam mengaplikasikan pengetahuan tumbuh kembang dan pemberian nutrisi yang tepat kepada anak melalui metode active learning. DPC mengadaptasi active learning ke dalam metode terbarunya yang disebut dengan Asiknya Belajar Cerdas (ABC).

Metode ini dibuat untuk mendampingi para orang tua dalam mengajarkan pengetahuan kepada anak-anak mereka. "Asiknya Belajar Cerdas menjadi sarana untuk berbagi wawasan dan informasi tentang bagimana orang tua dan anak bisa memiliki hasrat yang sama untuk menemukan pengetahuan," kata Rhanny Sutrisno, Brand Assistant Children Nutrition PT. Nestle Indonesia.

"Di sini orang tua dapat belajar tahap demi tahap tentang bagaimana
menerapkan ilmu pengetahuan bersama dengan anak mereka," tambahnya.

Sejalan dengan pernyataan di atas, Dra. Mayke S. Tedjasaputra M.Si,
Dosen Fakultas Psikologi UI dan ahli terapi bermain menambahkan. ”Dalam metode active learning anak diajak untuk bertanggung jawab pada proses belajar sedangkan orang tua dituntut terlibat penuh untuk mengarahkan dan memancing insiatif anak, sehingga kedekatan orang tua dan anak dapat semakin erat,"

Dalam mengadaptasi metode active learning Asiknya Belajar Cerdas ini, Nestle DANCOW telah menciptakan dan menyediakan alat yang kredibel untuk membantu anak dan orang tua bersama-sama belajar mengaplikasikan pengetahuan tahap demi tahap secara praktis dan mudah. Metode Asiknya Belajar Cerdas yang dikembangkan oleh DPC meliputi aspek Kognitif, Komunikasi, Moral, Sosial-Emotional dan Fisik (CCOMSEP – Cognitive, Communication, Moral, Socio-Emotional dan Physical) yang merupakan aspek penting untuk perkembangan fisik dan mental anak.

Selain itu, pada kegiatan ini DPC juga memberikan pengetahuan tentang asupan nutrisi yang tepat bagi pertumbuhan fisik anak. “Orang tua mendapatkan berbagai tips menu yang kreatif dan kaya gizi sehingga membuat anak tertarik untuk menyantap hidangan buatan ayah dan bunda mereka," kata Dra. Rienani Mahadi M,Si.

DANCOW Inspiring Parenting 2009 berlangdung di Celebes Convention
Center, Makassar pada Minggu, 25 Oktober 2009 lalu. Berbagai macam
kegiatan yang mencakup aspek CCOMSEP ini dirangkum oleh DPC dalam kelas-kelas belajar dan kegiatan yang interaktif, kreatif dan inspiratif untuk orang tua dan anak.

Pada tahun sebelumnya DANCOW Inspiring Parenting telah sukses
dilaksanakan di Bandung, Surabaya, Medan, dan Jakarta serta diikuti oleh lebih dari 4000 keluarga. Artis Shahnaz Haque sebagai duta DANCOW serta para pakar di bidang psikologi, kesehatan anak, gizi dan gastro anak, serta bintang tamu Rina Gunawan turut mendampingi dan membimbing keluarga dalam kegiatan ini.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found