Tiga Harimau Berkeliaran di Pemukiman Warga

VIVAnews -- Tiga harimau Sumatra (Phantera Tigris Sumatrae) berkeliaran di dua wilayah di Provinsi Bengkulu, yaitu di Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur.

Di Kabupaten Seluma diperkirakan dua harimau dan di Kabupaten Kaur satu harimau berkeliaran, kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Provinsi Bengkulu Jaja Mulyana di Bengkulu, Minggu, 1 November 2009.

Harimau di wilayah Seluma adalah induk dan anaknya, sedangkan yang berkeliarana di wilayah Kaur hanya induknya saja, kata Jaja. Harimau di wilayah Seluma diduga berasal dari Talang Beruk di dalam kawasan hutan lindung setempat, Semidang Bukit Kabu. Bekas jejak kaki harimau tersebut ditemukan di Desa Puguk dan Lubuk Resam.

Sementara itu jejak harimau juga ditemukan di Kabupaten Kaur berasal dari Kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) di dalam wilayah Desa Tanjung Aur dan Air Bacang, dekat perbatasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Menurut dia, harimau tersebut menakutkan masyarakat setempat, tapi tidak boleh diburu atau dibunuh, karena lokasinya berada di habitatnya, yang sekarang sudah menjadi kebun masyarakat.

BKSDA sendiri tidak akan menangkap harimau itu apalagi sampai membunuhnya, karena daerah itu merupakan salah satu jalur lintasan rutin untuk mencari mangsa.

Masyarakat tetap waspada terhadap harimau tersebut, karena hewan ganas itu tak mau mengganggu manusia kalau tidak diganggu lebih dulu.

Tetapi hewan ternak seperti sapi dan kambing adalah salah satu mangsa yang mudah didapatnya, maka sebelum diganggu harimau, ternak tersebut mesti dijaga dengan baik, tutur Jaja.

Kepala Desa Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur Sirajudin, sebelumnya mengatakan jejak harimau itu akhir-akhir ini makin sering ditemukan masyarakat dan bahkan hewan buas tersebut pernah dipergoki warga pulang dari kebun.

Namun harimau itu tidak mengganggu manusia dan langsung lari. Mungkin harimau itu lapar dan mencari mangsa, sedangkan sebagian besar sudah menjadi ladang dan kebun masyarakat, kata Jaja.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

"Kami menginstruksikan warga setempat agar waspada, terutama ternak sapi dan kambing agar dijaga sehingga tidak sampai terlepas dan masuk ke hutan," katanya seperi yang dilansir tvone.co.id

Panen raya di Kabupaten Purwakarta

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Panen raya di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus digencarkan memutus mata rantai darurat pangan jelang musim lebaran Idul Fitri 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024