NASIONAL

Dermaga Angkatan Laut untuk Pulau Terluar

Selasa, 18 November 2008
Oleh : Arfi Bambani Amri, Yudho rahardjo

VIVAnews - Ke depan, pulau-pulau terluar Indonesia akan dilengkapi dengan dermaga Angkatan Laut. Untuk program pertama, Angkatan Laut akan membangun dermaga di Pulau Nipah, pulau terluar yang berbatasan dengan Singapura.

"Dalam 2 bulan, TNI akan menyiapkan pos Angkatan Laut dan dermaga angkatan laut untuk Pulau Nipah, pulau terluar di Indonesia," kata Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso usai mengikuti Rapat Koordinasi Politik dan Keamanan di kantor Menteri Koordinator Politik dan Keamanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, 18 November 2008.

Pulau Nipah hampir hilang dari peta akibat penambangan pasir ilegal yang kemudian diekspor ke Singapura. Pemerintah kemudian mereklamasi kembali pulau itu sehingga kembali berkembang seluas 60 hektare dari hanya 0,6 hektare saat pasang.

Sejak awal tahun, Pulau Nipah telah ditempati personel Marinir TNI AL dan personel Lanal Batam. Mereka bertugas untuk memantau pergerakan kapal asing di utara pulau yang merupakan perairan internasional dan Singapura. Ke depan, pos ini akan dilengkapi dermaga laut.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found