Ketua DPR Batalkan Rapat Komisi IX-Menkes

VIVAnews - Rapat antara Komisi IX dengan Menteri Kesehatan Endang yang dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 hari ini di Gedung DPR RI, batal dilaksanakan. Ketua Komisi IX, Ribka Tjiptaning, menyatakan bahwa perintah pembatalan tersebut datang dari Ketua DPR.

"Yang membatalkan rapat adalah Ketua DPR. Saya jadi Ketua Komisi bukan hanya sekarang dan kejadian ini memang aneh. Apalagi prosedur pemanggilan mitra kerja sudah kami penuhi," ujar Ribka saat dihubungi lewat telpon. Ia menjelaskan, Komisi IX sebelumnya sudah meminta izin ke pimpinan dewan. Bahkan Departemen Kesehatan pun sudah bersedia hadir di DPR hari ini.

"Tapi tiba-tiba Sekretariat minta agar rapat tersebut dibatalkan sampai waktu yang ditentukan," tutur Ribka. Padahal, lanjutnya, rapat dengan Menkes tersebut hanya mengagendakan perkenalan dan pembahasan situasional. "Kan wajar saja bertemu mitra kerja untuk berkenalan. Apalagi kami belum kenal betul dengan Bu Endang," kata Ribka.

Ribka mensinyalir indikasi untuk membatasi kewenangan komisi. "Kalau belum apa-apa dibatasi, apa ini namanya bukan single majority?" tutur fungsionaris PDIP itu. Ia khawatir peran komisi di DPR ke depannya akan terus dikebiri.

Namun kekhawatiran tersebut dibantah oleh Ketua DPR, Marzuki Alie. Secara terpisah, Marzuki menjelaskan bahwa ia sama sekali tidak melarang pertemuan antara komisi dengan menteri-menteri. "Tapi harus dengan perencanaan dan inventarisasi masalah yang baik. Tidak dadakan, karena memanggil menteri harus ada hasilnya," ujar Marzuki di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Marzuki menyatakan, selama ini pemanggilan menteri oleh komisi lebih untuk marah-marah, mencaci, dan menghujat, sehingga tidak ada hasil substansial dari pertemuan tersebut. "DPR bukan lembaga penghujat. Semua harus dalam konteks dan perencanaan yang jelas," kata Marzuki.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024