Gempa Sumatera Barat

Enam Menteri Tiba di Padang Bahas Pasca-gempa

VIVAnews - Enam menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat. Keenam menteri ini menggelar pertemuan tertutup untuk mendengarkan penjabaran penanganan gempa Sumbar dari Plt Gubernur Marlis Rahman.

Menko Kesra Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri Sosial Salim Assegaf, Menteri Pemberdayaan Perempuan Linda Amalia Sari, Menteri Perumahan Rakyat Suharso Manoarfa, dan Menkum HAM Patrialis Akbar langsung menuju ruang VIP Bandara, Senin, 26 Oktober 2009.

Rombongan menteri Kabinet Indonesia Bersatu tiba di bandara sekitar pukul 11.00 WIB menggunakan pesawat jenis F100. Sejumlah pejabat daerah seperti Walikota Padang, Bupati Agam, Bupati Padang Pariaman, dan Komandan Lantamal II, terlihat menyambut kedatangan enam menteri.

Setelah mendengar pemaparan Plt Gubernur pasca gempa, rombongan akan bertolak ke Padang Pariaman untuk meninjau lokasi gempa. Rencananya, rombongan akan meninjau lokasi bencana di Sungai Asam dan Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman.

Rombongan menteri juga akan mendapat pemaparan penanganan bencana di Kabupaten Padang Pariaman oleh Bupati Muslim Kasim di Pendopo Bupati. Para menteri juga dijadwalkan bertolak ke Padang dan meninjau sejumlah lokasi terparah terkena dampak gempa.

Dijadwalkan rombongan akan kembali bertolak ke Jakarta menggunakan pesawat yang sama dari bandara pukul 17.00 WIB. Gempa 7,9 SR yang mengguncang Sumbar, Rabu, 30 September 20009, mengakibatkan 1.117 jiwa meninggal.

Gempa juga mengakibatkan ratusan ribu rumah warga, perkantoran, fasilitas umum, fasilitas pendidikan dan kesehatan mengalami rusak berat. Sejauh ini, kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 2,1 triliun.

Laporan: Eri Naldi l Padang

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo


ismoko.widjaya@vivanews.com

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi A. Chaniago

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Berkas perkara kasus yang menjerat Palti Hutabarat disebut telah lengkap.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024