Mesin Mati, Pesawat Trike Jatuh di Bantul Yogya

Pesawat Trike yang mengalami insiden di Bantul.
Sumber :
  • Foto: Daru Wakita/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Sebuah pesawat milik anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) jenis Trike yang dipiloti Eriko melakukan pendaratan darurat di Dusun Kepoh, Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu 5 September 2015.

Pesawat trike yang membawa satu orang penumpang itu melakukan pendaratan darurat sekira pukul 09.00 WIB. Dalam pendaratan darurat tersebut, tidak ada korban jiwa.

Lagi, Calon Penumpang Pesawat Ngaku Bawa Bom

Namun, pilot dan penumpang dilarikan ke RSPAU Hardjolukito untuk pemeriksaan kesehatan.

Berdasarkan informasi yang didapat di lapangan, sekira pukul 08.45 WIB, Eriko yang tengah berada di ketinggian 1800 feet meminta menambah ketinggian ke 2000 feet. Namun, karena padatnya trafic, Eriko diminta turun oleh Air Traffic Controller (ATC/pemandu lalu lintas udara) ke 1500 feet.

Di saat itulah, tiba-tiba mesin Trike mati dan pilot mencoba melakukan pendaratan darurat sembari mencoba menghidupkan mesin. Namun, usaha tersebut gagal dan pesawat mendarat darurat di lokasi persawahan yang ditanami kacang dan berada di depan Balai Desa Wirokerten.

Supartinah penjual makan di sekitar lokasi kejadian mengatakan, sebelum pesawat mendarat darurat, pesawat sempat berputar-putar namun tiba-tiba jatuh di lokasi persawahan.

"Pesawat sempat berputar-putar, namun suara mesin pesawat sudah tak terdengar," katanya. (asp)

Ilustrasi/Bandara Adi Sutjipto

Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo

Sudah lama direncanakan, belum tereksekusi.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016