Kabut Asap Parah, Jadwal Penerbangan Amburadul

Kabut asap, Bandara Sultan Thaha Jambi lumpuh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA.co.id - Dampak kabut asap yang semakin tebal, menyebabkan jadwal penerbangan di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, amburadul.

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Pada Sabtu 5 September 2015, jarak pandang hanya 200 meter, akibatnya delapan pesawat menunda penerbangan hingga dua jam dan dua pesawat lainnya batal terbang.

Akibatnya, sekitar pukul 10.00 hingga 11.30 siang tadi, ratusan penumpang menumpuk di terminal kedatangan bandara Syamsudin Noor. Pesawat itu tak bisa terbang, karena memang kabut asap tebat menyelimuti seluruh bandara itu.

General Manager Angkasa Pura I, Handy Heridhitiawan, membenarkan bahwa ada delapan pesawat yang ditunda penerbangannya. Sepanjang September, kata dia, baru kali ini jarak pandang hanya 200 meter, sehingga membahayakan penerbangan.

Pesawat yang terlambat terbang antara lain, dua Lion Air, satu Garuda Indonesia. Dua pesawat itu rencananya terbang ke Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta.

Sementara itu, dua penerbangan lainnya ke Jakarta dibatalkan, karena masalah operasional. Bandara ini, setiap harinya melayani 90 penerbangan dari sembilan maskapai.

Tak hanya di bandara, kabut asap juga sudah masuk ke kota Banjarmasin. Jarak pandangnya hanya 200 hingga 400 kilometer.


Laporan: Nur Muhibbatur rahmah / TVOne Kalimantan Selatan (asp)

Lion Air Jajaki Kerja Sama dengan Arab Saudi
Air France.

Air France Luncurkan Maskapai Berbiaya Murah

Persaingan cukup ketat di industri penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016