Api Gunung Burangrang Belum Bisa Dipadamkan

Gunung Merbabu
Sumber :
  • @sutopo_BNPB

VIVA.co.id - Hamparan luas areal hutan di Gunung Burangrang, yang masuk dalam teritorial Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat, terbakar hebat. Hutan tersebut terbakar sejak Sabtu, 29 Agustus 2015 lalu.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, api belum juga padam. Tak ayal, kobaran api terus meluas. Kebakaran juga sulit dipadamkan mengingat kondisi hutan yang mengering di gunung itu, membuat kobaran api terus membesar.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, yang mendapatkan laporan atas terbakarnya gunung Burangrang, kini dibuat pusing dengan kebakaran hutan tersebut. Pasalnya, dia bersama jajarannya mengalami kesulitan memadamkan kobaran api di pegunungan itu.

"Kami punya armada pemadam kebakaran, tapi tidak bisa mengandalkan mereka untuk memadamkan api di hutan Burangrang itu," ujar Dedi, di Purwakarta, Senin 31 Agustus 2015.

Menurut Dedi, bila berpijak pada aturan, hutan di Gunung Burangrang itu kewenangannya ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta BKSDA Jabar. Untuk itu, pihaknya telah mengirimkan kabar kepada kedua lembaga pemerintahan tersebut. Tujuannya, supaya kebakaran hutan di Gunung Burangrang bisa segera teratasi.

Adapun Purwakarta, siap membantu bila kementerian dan BKSDA membutuhkan bantuan untuk memadamkan api.

"Malam ini saja, saya sudah instruksikan petugas pemadam kebakaran, tim SAR dan pramuka untuk ke lokasi. Sasarannya, bila ada warga yang dekat dengan titik api, harus segera di relokasi," ujar Dedi.

Bupati Purwakarta: Patung Wanita Telanjang Silakan Dibakar

Jay Ajang Bramena - Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga Maharaja

Punya Wisata Andalan, Purwakarta Targetkan 3 Juta Wisatawan

Taman Air Mancur Sri Baduga Maharaja jadi daya tarik.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2016