Menteri Susi Harap Alumni Perikanan Tak Kerja di Luar Negeri

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menghadiri upacara wisuda taruna Sekolah Tinggi Perikanan di Gedung Mina Bahari III, Kompleks Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Jakarta, pada Sabtu, 29 Agustus 2015. 
Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

Menteri Susi mengajak para wisudawan dan lulusan untuk bekerja sama dan bahu-membahu membangun aspek kelautan Indonesia yang menurutnya masih sangat lemah.
Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

"Indonesia adalah negara kepulauan terbesar kedua di dunia, yang memiliki potensi laut yang sangat kaya dibandingkan negara lain, namun sayangnya, potensinya belum dimanfaatkan dengan optimal," kata Susi.
Ini Kecanggihan Orca, Kapal Baru Pemburu Pencuri Ikan

Hingga saat ini, Susi mengaku masih berusaha memerangi banyaknya oknum yang mencuri ikan di laut Indonesia secara ilegal dan besar-besaran.

"Tak tanggung-tanggung, para oknum mengunakan bahan berbahaya yang membahayakan seluruh ekosistem bawah laut kita yang berharga," ujar Susi.

Menteri mengimbau para wisudawan dan alumni agar bersedia membaktikan dan mendedikasikan diri untuk bekerja di Indonesia. "Bukan berarti bekerja di luar negeri dilarang atau buruk, namun prioritaskanlah negara Indonesia, yang masih membutuhkan sumber daya manusia yang bisa menjadi pewujud visi dan misi pemerintah," tuturnya. 

Menurut Susi, selain kehilangan sumber daya alam, laut Indonesia hingga kini masih menjadi jalur berbagai tindak kejahatan dan masalah lain, seperti perdaran narkoba, perbudakan, dan perdagangan orang. Hal itulah yang menjadi pekerjaan rumah yang harus terus diperbaiki pemerintah demi kemajuan Nusantara. 

Profil Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) adalah sekolah tinggi negeri yang mendidik tenaga professional di bidang perikanan darat dan laut. Sekolah itu di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Terletak di Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

STP semula bernama Akademi Usaha Perikanan. Sistem pendidikan yang diimplementasikan di STP adalah mengacu kepada kebijakan Kementerian.

Kurikulum yang dikembangkan menitikberatkan pada kegiatan praktik kerja nyata dalam suatu proses produksi yang sebenarnya, dibarengi dengan sistem pembinaan sikap mental dan disiplin yang konsisten. Hal ini untuk membentuk kognitif, psikomotorik dan afektif lulusannya.

Ada empat jurusan dan program studi di STP, yakni:

- Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan yang meliputi Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan dan Program Studi Permesinan Perikanan;
- Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan yang meliputi Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan;
- Jurusan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan yang meliputi Program Studi Teknologi Akuakultur dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan;
Jurusan Penyuluhan Perikanan meliputi Program Studi Penyuluhan Perikanan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya