Viva Yoga: Seluruh Kinerja Lembaga Negara Bagus

Sidang Paripurna
Sumber :

VIVA.co. id -Anggota MPR dari fraksi PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, pidato kinerja Presiden Jokowi dinilai bagus, karena membangun rasa optimisme membangun Indonesia.

Meski demikian menurut Yoga, Presiden Jokowi  juga harus mau mengakui ada kekurangan-kekurangan. “Tadi kan tidak dijelaskan,” ujarnya saat ditemui selepas mengikuti Sidang Tahunan MPR Tahun 2015, di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta 14 Agustus 2015.

Menurutnya selain membangun optimisme juga harus menjelaskan kekurangan-kekurangan dari pemerintah dan itu yang harus diselesaikan, tegasnya.

Soal pidato, Viva Yoga mengakui semua kinerja lembaga negara disampaikan oleh Presiden namun menurutnya itu hanya gambaran umum dan tidak memberikan pendalaman. “Hanya semacam gambaran umum yang sifatntya baik,” ujarnya.

Artinya dalam segi ketatanegaraan semua berjalan tetapi tidak bicara soal kualitas. “Kalau menurut saya bagus tetapi perlu ditingkatkan kualitasnya,” paparnya.
 
Hal yang perlu dilakukan oleh lembaga negara, menurut mantan Ketua HMI Cabang Denpasar itu adalah, pola koordinasi antar lembaga harus ditingkatkan kualitas programnya, dari sisi penyerapan anggaran.

“Anggaran harus dimanfaatkan kalau tidak dimanfaatkan yang salah lembaga negaranya dong, sudah dianggarkan oleh DPR dan pemerintah kok tidak dimanfaatkan,”ujar Yoga.

Karena menurut Yoga kondisi sekarang dalam keadaan bagus untuk membangun suasana demokrasi di Indonesia.
 
Viva Yoga memberi catatan dalam sidang tahunan itu. Dikatakan, pada awalnya masing-masing lembaga negara menyampaikan laporan kinerjanya meskipun waktunya panjang. Dalam  soal waktu panjang baginya tak masalah sebab hal demikian itu yang bisa memberi rasa baru dari masing-masing lembaga negara menyampaikan progress reportnya dalam sidang tahunan MPR. “Itukan tradisi baru yang tidak melanggar undang-undang, kan tidak ada yang dilanggar,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dikatakan, ke depan harus ditradisikan masing-masing lembaga negara menyampaikan progress report kepada rakyat melalui sidang tahunan MPR meski memakan waktu. “Waktu panjang tak apa-apa karena ini demi kepentingan rakyat dan negara,” tegasnya.

Simposium Kebangsaan MPR, Mengevaluasi Proses Ketatanegaraan
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Bom Sarinah, Ketua MPR Nilai Aparat Tak Kecolongan

Dia membandingan dengan Prancis yang dinilai lebih kuat

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2016