Kelelawar Berkomunikasi Untuk Navigasi

VIVAnews - Sebagai binatang yang aktif pada malam hari, kelelawar bisa dengan mudah mencari makan meskipun hari sudah gelap. Dalam kegelapan malam kelelawar bahkan bisa menangkap serangga-serangga kecil yang merupakan makanan favoritnya. Hal itu karena kelelawar memiliki penglihatan yang sangat baik.

Selain itu kelelawar juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara ultrasonik yang digunakan untuk mengetahui jalan. Suara itu berfungsi seperti kompas penunjuk arah.

Kemampuan lain yang dimiliki kelelawar adalah bisa mengetahui perbedaan suara yang dihasilkan kelelawar lainnya. Dengan mengetahui suara tersebut, kelelawar bisa lebih mudah menemukan jalan. Kelelawar ternyata berhubungan satu sama lain untuk mempermudah mereka mencari jalan dan tentunya menemukan makanan. 

Hal itu diketahui setelah tim peneliti dari Israel dan Jerman merekam suara yang dihasilkan sekelompok kelelawar. Lalu suara tersebut diteliti untuk diketahui bagaimana kelelawar berkomunikasi untuk memudahkan mereka menemukan arah atau bernavigasi.

"Kelelawar memiliki kemampuan untuk mengenali salah satu suara dari ratusan suara kelelawar lainnya, untuk bisa menentukan ke arah mana ia akan terbang mencari makanan," kata salah satu anggota peneliti, Dr. Yovel.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024