Dampak Tragedi Situ Gintung

Lampung Perbaiki Tiga Waduk

VIVAnews - Bencana jebolnya Situ Gintung yang menewaskan 100 orang jadi pelajaran berharga. Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung akan memperbaiki tiga waduk di Lampung mulai tahun 2010 sampai 2011. Tujuannya, mencegah waduk jebol.

Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Syahrial Ahmad tiga waduk yang akan diperbaiki adalah Way Rarem Kotabumi Lampung Utara, Way Jepara Lampung Timur dan Waduk Batu Tegi Tanggamus. "Dana perbaikannya bersumber dari Bank Dunia. Secara kumulatif, nilainya mencapai US$ 70 juta atau sekitar Rp 650 miliar," kata Syahrial seperti dikutip laman Departemen Komunikasi dan Informatika, Jumat 3 April 2009.

Perbaikan Waduk Batutegi jadi prioritas pertama di tahun 2010, disusul perbaikan Waduk Way Jepara tahun 2011 dan Waduk Way Rarem tahun 2012.

Tim Dam Operation Improvement Safety Project dalam waktu dekat akan menjadi konsultan Bank Dunia terhadap pemantauan dan pensurveian waduk di Indonesia. Tim tersebut sudah pernah melakukan kegiatan tersebut pada tiga waduk di Lampung.

Namun, sampai saat ini Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung belum mendapatkan kepastian mengenai besarnya anggaran untuk merehab dan biaya OP Waduk Batutegi. "Kami berharap dana tersebut dapat membenahi seluruh waduk di Indonesia. Sehingga tragedi Situ Gintung, tidak terulang kembali," kata Syahrial.

Tragedi Situ Gintung terjadi pada Jumat 27 Maret 2009. Hingga hari ini sudah 100 orang ditemukan tewas dan 250 rumah rusak parah. Menurut data dari posko utama korban hilang hanya tinggal 14 orang.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024