VIDEO: Mengunjungi Kampung Pengemis di Brebes

Pengemis di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews - Desa Grinting, Kecamatan Bulak Kamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sepintas tidak berbeda dengan desa-desa lainnya. Namun, pada kenyataannya di desa ini sebagian besar warga berprofesi sebagai pengemis.
Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Julukan 'Desa Pengemis' memang bukan tanpa alasan diberikan kepada Desa Grinting ini. Sebagian besar warga di desa ini merantau ke Jakarta untuk menjadi pengemis, terutama di Bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran.
Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Pendapatan mereka tergolong besar di Ibu kota. Dalam satu minggu mereka bisa menangguk penghasilan hingga Rp1 juta. 
Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA


Ada beberapa cara yang biasa mereka lakukan, seperti membawa anak kecil atau meminta uang berdalih untuk infak masjid atau yayasan. 

"Seringkali praktiknya di Jakarta, pura-pura meminta sumbangan. Kadang sendirian, atau membawa anak," ujar Tambah, mantan perangkat Desa Grinting.

Salah satu yang pernah mengemis di Jakarta adalah Sukyah. Pria berumur 80 tahun ini pergi ke Jakarta setiap butuh uang. Biasanya uang hasil mengemis itu dia gunakan untuk membayar kontrakan dan makan, sisanya ia bawa pulang ke kampung.

Kini Sukya tidak lagi pergi mengemis ke Jakarta karena kondisi kesehatannya sudah tidak memungkinkan. "Dulu waktu masih sehat saya selalu ke Jakarta, sehari bisa dapat Rp30 ribu," kata dia.

Namun, kondisi yang ada saat ini justru semakin parah. Masyarakat desa setempat pergi mengemis ke Jakarta bukan karena tak punya pekerjaan, melainkan karena ingin membangun rumah dan menambah penghasilan mereka. Sehari-hari mereka bekerja sebagai petani di desanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya