FOTO: Melongok Masjid di Perut Bumi

masjid unik di perut bumi
Sumber :
  • VIVAnews/Pambudi Eko Cahyono

VIVAnews – Bila masjid umumnya dibangun di atas tanah seperti kebanyakan bangunan lain, lain halnya dengan masjid yang satu ini. Masjid Ashabul Kahfi di Tuban, Jawa Timur, dibangun di bawah tanah alias di perut bumi. Masjid ini berada di lingkungan pesantren yang juga berlokasi di bawah tanah. Pesantren itu sendiri dinamakan Pondok Pesantren Perut Bumi Al-Maghribi.

Lihat foto-fotonya yang unik .

Masjid Ashabul Kahfi belum lama dibangun, tahun 2002. Masjid itu tak dapat dipisahkan dengan keberadaan Ponpes Perut Bumi. Saat masuk ke dalam pesantren yang didirikan oleh Kyai Subchan Mubarok itu, ornamen Arab dan tulian dalam aksara Jawa kuno terlihat menghiasi atap bebatuan.

Salah seorang santri Ponpes Perut Bumi, Hendra Setiawan, mengatakan bahwa awalnya Kyai Subchan--sang pendiri ponpes--mendapat mandat dari putri Sunan Ampel, Nyai Siti Sariah, untuk mendirikan sebuah pesantren di dalam bumi.

“Dalam pencarian tempat ini, Pak Kyai istikharah selama 15 tahun,” kata Hendra, Rabu 17 Juli 2013. Akhirnya Kyai Subchan menemukan tempat yang berada di daerah Gedongombo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tempat itu semula adalah tempat pembuangan sampah.

Kyai Subchan kemudian mulai membersihkan tempat itu sedikit demi sedikit, sampai akhirnya seluruh sampah berhasil disingkirkan dari area seluas 3 hektare itu. Kyai Subchan selanjutnya merogoh kocek pribadinya untuk membangun Ponpes Perut Bumi berikut masjid di dalamnya.

Kini banyak peziarah yang berduyun-duyun datang ingin melihat sekaligus menyumbang untuk pembangunan pesantren yang sampai saat ini terus dikembangkan secara bertahap. Selain dari dalam negeri, peziarah juga datang dari Malaysia, Singapura, Prancis, Arab Saudi, dan Mesir. (kd)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024