VIDEO: Pemburu Emas Banjiri Gunung Manggar di Jember

Emas yang ditemukan di Gunung Manggar, Jember.
Sumber :
  • ANTV
VIVAnews
Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia
– Ratusan penambang emas sejak awal Mei 2013 membanjiri Gunung Manggar di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyusul beredarnya kabar mengenai adanya kandungan emas yang melimpah di gunung tersebut.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Kawasan hutan di Gunung Manggar yang diserbu para pemburu emas itu adalah lahan milik Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) yang terlarang untuk dieskplorasi masyarakat umum. Namun, ratusan pemburu emas itu tak peduli dan tetap mendatangi Gunung Manggar untuk meraup emas.
Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif


Mereka meyakini ada banyak kandungan emas di antara bekas aliran air yang tadinya mengalir dari atas Gunung Manggar. Lihat video perburuan emas di Gunung Manggar .


Ratusan pemburu emas itu mengumpulkan bongkahan-bongkahan tanah dan pasir dalam karung, untuk kemudian dibawa turun ke Desa Kesilir yang ada di bawah gunung itu. Di desa itu, para pemburu emas itu kemudian menyaring bongkahan tanah dan pasir tersebut.


Hasilnya, kabar mengenai kandungan emas di Gunung Manggar ternyata bukan isapan jempol semata. Sejumlah pemburu emas yang beruntung bisa mendapatkan butiran-butiran emas seukuran batu kerikil. Para pemburu emas yang datang ke Gunung Manggar berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Banyuwangi, Nganjuk, Jombang, bahkan ada yang dari Jawa Tengah.


Namun, bila demam emas di kawasan ini mewabah dan mengundang lebih banyak pemburu emas dari daerah lain, maka ekosistem di sekitar Gunung Manggar akan rusak, dan tanah di kawasan itu menjadi rentan longsor. Kandungan emas yang menyebabkan Gunung Manggar diserbu ratusan orang tiap harinya kini harus mendapat perhatian serius dari pemerintah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya