Kapolda NTB: Tidak Ada Kaitan Penyelundupan BlackBerry dengan TNI

Barang bukti blackberry dan iphone ilegal
Sumber :
  • Edy Gustan/NTB
VIVAnews - Kepala Polisi Daerah Nusa Tenggara Barat, Brigadir Jenderal Polisi Muhammad Iriawan, mengungkapkan bahwa diamankannya 4.428 unit BlackBerry di Mataram, NTB, tidak ada kaitannya dengan instansi Tentara Nasional Indonesia (TNI).
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Menurut Iriawan, walaupun hasil pemeriksaan sementara ribuan unit BlackBerry ilegal tersebut milik Rudy, yang disebut-sebut selaku Direktur PT Wisma Inkopad Indonesia (WII) di Jakarta dan digadang-gadang sebagai koperasi milik TNI. Sebab, dari hasil pemeriksaan belum ada indikasi keterlibatan TNI sebagai beking dari penyelundupan tersebut.
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Tidak ada kaitannya dengan TNI, itu hanya penyalahgunaan nama saja," kata Muhammad Irawan saat dihubungi VIVAnews, Senin malam, 18 Februari 2013
Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Ia menjelaskan, memang kerap kali dalam kasus seperti itu nama-nama instansi besar seperti TNI dijadikan sebagai tameng oleh para peyelundup agar memuluskan usaha penyelundupannya.

Upaya Suap

Selain itu, menurut Irawan, dalam penyelundupan yang berhasil digagalkan di Mataram tersebut sempat terjadi usaha suap kepada petugas polisi yang sedang bertugas di lapangan. Terjadinya usaha suap saat BlackBerry ilegal tersebut akan dipindahkan dari mobil Kijang ke mobil Espas di Mataram  

"Saat merazia sempat terjadi usaha suap pada petugas kami di lapangan, tetapi petugas polisi tidak mau menerima suap tersebut," kata dia.

Irawan menambahkan, dalam penggagalan penyelundupan tersebut bukan hanya hasil kerja keras polisi saja tapi ada keterlibatan masyarakat yang bersedia memberikan informasi kepada polisi bahwa ada ribuan BlackBerry ilegal yang akan diselundupkan

"Awalnya Polisi melakukan razia tersebut, karena ada informasi dari masyarakat. Sesaat setelah itu, polisi melakukan razia dan ditemukan ribuan BlackBerry yang di simpan dalam koper," ujarnya. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya