FOTO: Rumah-rumah Mewah Djoko Susilo di Tiga Kota

Rumah Mewah Djoko Susilo di Semarang
Sumber :
  • VIVAnews/Puspita Dewi
VIVAnews
6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi
– Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri dan Gubernur Akademi Kepolisian yang kini menjadi tersangka tindak pidana pencucian uang simulator SIM, Irjen Pol Djoko Susilo, ternyata punya sejumlah rumah mewah yang tersebar di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Deretan 5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA Menempati Posisi Pertama

Dua hari belakangan, Komisi Pemberantasan Korupsi sibuk menyita aset rumah milik Djoko tersebut. Setidaknya ada tujuh rumah yang telah disita KPK. Tiga di Solo, tiga di Yogyakarta, dan satu di Semarang. Rumah-rumah itu bukan rumah biasa yang sederhana, melainkan rumah mewah yang elegan.
Lebaran Bareng, Desta dan Natasha Rizky Dapat Pesan Mengharukan dari Anaknya


Lihat foto-foto rumah mewah Irjan Pol Djoko Susilo itu
.


Sebagian rumah itu terdaftar dengan kepemilikan atas nama Dipta Anindita, mantan Putri Solo 2008 yang belakang diketahui merupakan istri sah Djoko Susilo. KPK sendiri telah memeriksa Dipta dan menyita copy akta nikah dirinya dan Djoko, berkas pemeriksaan pernikahan, serta foto pengambilan buku nikah mereka.


Salah satu rumah Djoko di Solo beralamat di Jalan Sam Ratulangi Nomor 16 Gremet, Manahan, Solo, dan memiliki luas sekitar 500 meter persegi. Menurut keterangan salah seorang tetangga, Didik Budi Cahyanto, pemilik rumah tersebut di kalangan warga sekitar dikenal dengan nama Joko Waskito, bukan Djoko Susilo. Rumah itu dimiliki oleh Joko Waskito sejak dua tahun lalu.


Selama hampir dua tahun menempati rumah tersebut, Joko Waskito belum pernah ikut kumpulan atau rapat dengan warga sekitar. Didik yang tinggal berjarak tiga rumah dari rumah itu belum pernah sama sekali bertatap muka dengan sang pemilik rumah yang disebut warga sangat tertutup.


Tiga rumah Djoko lainnya yang disita KPK berada di Yogyakarta. Ketiganya berlokasi antara lain di Jalan Patehan Lor Nomor 34 RT 32 RW 8 Kampung Taman Kelurahan Patehan Kraton, dan rumah Nomor 7 di Jalan Langenastran Kidul Panembahan Kraton. Tiga rumah itu bernilai Rp6 miliar, dan salah satunya dibeli atas nama Popy, anak Djoko.


Satu lagi rumah Djoko di Semarang beralamat di Graha Candi Golf, kawasan elit di kota itu. Rumah itu memiliki luas 375 meter persegi dengan luas tanah sekitar 500 meter persegi. Rumah itu disebut dibeli Djoko setengah tahun lalu. Pekerja bangunan di sekitar lokasi mengatakan, penghuni rumah itu seorang perempuan cantik asal Solo.


Total tujuh rumah itu kini telah dipasangi papan keterangan penyitaan oleh KPK. “Tanah dan bangunan ini telah disita dalam perkara tindak pidana pencucian uang dengan tersangka Djoko Susilo,” demikian tulisan yang tercantum pada papan itu. KPK mengatakan mereka menyita tanah dan bangunan rumah milik Djoko itu, namun tak beserta barang-barang seisi rumah. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya