Jalur Tabanan-Gilimanuk Longsor

Belasan Rumah Tertimpa Longsor di Cilebut
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Jalur yang menghubungkan Tabanan-Gilimanuk longsor, Minggu 23 Desember 2012. Meski tak ada hujan, longsor di Jalan By Pass Dr Ir Soekarno terjadi cukup parah. Akibatnya kemacetan parah terjadi di sepanjang jalur tersebut.

Posisi Penis Saat Pakai Celana, Harusnya Menghadap ke Atas atau ke Bawah?

Longsor sepanjang lebih dari 30 meter dengan lebar sekitar tiga meter itu meruntuhkan trotoar dan jalanan beraspal ke jurang berkedalaman sekitar 10 meter dan meluas hingga lebih dari 20 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor yang terjadi sekitar pukul 16.00 WITA itu.

Longsor yang terjadi tepatnya di perbatasan Dukuh-Tegal Belodan, Desa Dauh Peken, Tabanan, Bali itu juga membuat sebuah pohon besar tumbang bersama longsoran tanah yang terus terkikis. Longsor juga mengakibatkan fasilitas umum berupa pipa milik PDAM Tabanan rusak. Air yang mengalir dari saluran pipa PDAM itu ikut mengikis tanah di bawahnya.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

I Wayan Mudya, saksi mata, mengatakan peristiwa itu terjadi secara mendadak dan begitu cepat. Saat jalan itu longsor, ia mengaku sedang membuat tali di gubuk di bawah sekitar longsoran tanah. Buruh penggarap tanah di lahan yang terkena longsoran itu juga menuturkan melihat senderan penyangga trotoar di pinggir jalan itu sudah jebol, menyusul suara gemuruh longsoran berikutnya. 

"Peristiwa longsor itu terjadi secara mendadak dan begitu cepat. Saya melihat pohon besar itu seperti berjalan turun ke bawah bersama longsoran tanah," ujar Mudya, Minggu 23 Desember 2012.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Longsor susulan terjadi lagi pukul 18.00 WITA. Jalan berhotmix itu retak. Bebatuan yang jadi pondasi senderan jalan pun ikut longsor berserakan ke jurang. Kini petugas dari PDAM Tabanan langsung turun tangan untuk menghentikan aliran pada pipa saluran air yang berada di lokasi longsor. Begitu juga alat berat telah didatangkan ke lokasi.

Sementara petugas dari Polres Tabanan, kini selain mengatur arus lalin di sekitar TKP juga mengarahkan sebagian kendaraan besar melewati jalur Kota Tabanan yang melaju dari Denpasar ke Gilimanuk. Sedangkan arus dari sebaliknya tetap seperti biasanya.

Ilustrasi kelompok LGBT

RUU Sah, Thailand Akan Jadi Negara ASEAN Pertama yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Negara tetangga Indonesia, Thailand akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mengakui pernikahan sesama jenis, setelah para politisi meloloskan RUU pernikahan sesam

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024