Ketua Penangkap Kompol Novel Terlibat Kasus Penembakan

Sejumlah polisi datangi KPK untuk membawa penyidik Kompol Novel
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Ketua Tim Penangkapan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedaan, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bengkulu Kombes Pol Dedy Irianto, terlibat dalam kasus penembakan. Namun penembakan itu sesuai dengan prosedur tetap.

Insiden yang terjadi di Binduriang, Rejang Lebong, Bengkulu belum lama ini itu menyebabkan seorang warga Binduriang, Edi Purwanto alias Bagong, tewas.

"Iya benar, Pak Dedy berada di sana," kata Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Herry Wiyanto, kepada VIVAnews, Senin 8 Oktober 2012.

Herry menuturkan saat itu Dedy bersama tim dari Polres Rejang Lebong memang sedang melakukan sidak, supervisi akibat adanya aksi penutupan jalan Bengkulu-Palembang selama empat hari sebelumnya oleh warga. Tindakan itu dilakukan karena masyarakat ingin mencari pelaku pencurian motor.

Namun dalam perkembangannya, sekitar pukul 24.00 WIB, ada peristiwa perampokan bus 'Doa Ibu'. "Bus dihadang oleh sekitar 30 orang yang menggunakan senjata tajam. Tiga penumpang luka-luka," ujarnya.

Menemui kejadian seperti itu, lanjut Herry, Dedy bersama personel lainnya segera melakukan tindakan. Namun kemudian, para pelaku perampokan tersebut ketika akan diringkus polisi, melakukan perlawanan. "Tim terpaksa melakukan penembakan sesuai dengan protap," ucapnya.

Dedy Irianto berupaya menangkap Kompol Novel di Gedung KPK pada Jumat 5 Oktober 2012. Penangkapan ini terkait status Kompol Novel yang dituduh terlibat dalam penganiayaan yang menewaskan satu orang terkait kasus pencurian sarang burung walet pada 2004. Saat persitiwa terjadi, Novel menjabat Kepala Satuan Reserse Polda Bengkulu.

Namun, KPK membantah tuduhan Polri dan mengatakan Novel tak terlibat kasus yang dituduhkan. Menurut KPK, Novel jusru merupakan salah satu penyidik terbaik di KPK.

Top Trending: Sosok Noni Belanda Jadi Anggota TNI sampai Polisi Beri Mahar Emas Palsu
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengalami lonjakan peringkat yang cukup signifikan. Kini, rangking FIFA Indonesia ada di peringkat 134. Ada 8 negara Eropa yang peringkatnya di bawah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024