Komnas HAM: Kepolisian Paling Banyak Diadukan

Hut Bhayangkara Polri
Sumber :
  • Antara/Ahmad Subaidi

VIVAnews - Laporan Pertanggungjawaban Publik Komnas HAM periode 2007-2012 memaparkan bahwa berdasarkan data pengaduan, beberapa lembaga atau instansi pemerintah yang banyak diadukan antara lain kepolisian, kejaksaan, dan lembaga peradilan, dan TNI.

Diantara  keempat lembaga tersebut, kepolisian merupakan lembaga atau instansi pemerintah yang paling banyak diadukan.

"Pengaduan yang paling banyak diterima adalah kepolisian sebanyak 1.420 berkas yang terdiri dari 1.018 berkas pengaduan tentang penyidikan, 214 berkas pengaduan tentang kekerasan polisi, dan 118 berkas pengaduan tentang dasar hukum penahanan yang dilakukan oleh kepolisian selaku penyidik," demikian kutipan LPJ Komnas HAM periode 2007-2012 yang dirilis hari ini, Kamis 30 Agustus 2012.

Selanjutnya, pengaduan terbanyak kedua adalah tentang lembaga peradilan, sebanyak 338 berkas pengaduan.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Pengaduan terbanyak ketiga adalah yang berkaitan dengan TNI sebanyak 214 berkas, terdiri dari 64 berkas pengaduan tentang sengketa tanah antara TNI dan warga sipil, 48 berkas pengaduan tentang kekerasan yang dilakukan anggota TNI, dan 35 berkas pengaduan tentang sengketa rumah dinas antara TNI dan penghuni (purnawirawan, janda, atau anak purnawirawan TNI).

Sedangkan pengaduan yang berkaitan dengan kejaksaan sebanyak 85 berkas pengaduan yang melibatkan jaksa maupun pegawai kejaksaan baik di kejaksaan negeri, kejaksaan tinggi, maupun kejaksaan agung.

"Pengaduan terbanyak berkaitan dengan aparat kepolisian dan lembaga peradilan. Ini menunjukkan bahwa kedua lembaga tersebut paling banyak berhubungan secara langsung dengan masyarakat bailk dalam bidang keamanan maupun proses hukum," demikian kutipan LPJ Komnas HAM tersebut.

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024