Kedelai Mahal, Tempe Benguk Laris Manis

Tempe Benguk
Sumber :

VIVAnews -- Masyarakat di Indonesia dipusingkan dengan harga tempe yang semakin mahal akibat melonjaknya bahan baku kedelai impor yang saat ini mencapai Rp8.500 perkilogramnya. Bahkan akibat melonjaknya harga kedelai ini banyak perajin tahu dan tempe yang terancam gulung tikar jika harga kedelai tak segera turun.

Dibalik mahalnya kedelai impor menjadi berkah tersendiri bagi perajin tempe yang menggunakan bahan baku benguk yang tidak perlu impor dari luar negeri. Bahkan tanaman benguk ini masih sangat banyak dijumpai di berbagai daerah seperti di Kabupaten Kulonprogo atau Kabupaten Gunungkidul.

Rasa dari tempe benguk ini juga tak kalah nikmatnya dengan tempe dari bahan kedelai sehingga menjadi alternatif lain bagi masyarakat ketika harga tempe di pasaran melonjak.

"Sejak beberapa hari ini, tempe benguk yang kami jual laris manis," kata Parjiman, perajin tempe benguk dari Desa Ringinharjo, Kabupaten Bantul, DIY, Jumat 27 Juni 2012.

Sudah dua puluh tahun Parjiman membuat tempe benguk dan tak pernah kesulitan mendapat bahan baku, apalagi dipusingkan dengan kenaikan harga impor. Karena bahan baku tempe benguk diambil dari pohon benguk yang banyak tumbuh di kawasan pegunungan Gunungkidul dan perbukitan Imogiri.

Harganya juga tidak begitu mahal, karena hanya Rp 5.000 untuk tiap satu kilogramnya. Untuk 1 kilogram benguk, bisa menghasilkan 25 tempe dengan harga rata-rata dari Rp500 sampai Rp600 tiap biji tempe.

Soal rasa, tempe benguk tak kalah dengan tempe kedelai. Selain digoreng juga bisa dibacem. Atau dulu, jadi campuran gudeg.

Tempe benguk memiliki citarasa tersendiri sehingga kini menjadi makanan 'klangenan' karena jarang ada di pasaran.

Untuk membuat tempe benguk ini, cukup rumit bila dibanding proses pembuatan tempe kedelai. Setidaknya harus melalui tiga kali tahapan masak. Setelah itu, baru pada proses pembungkusan.

Sementara, Ngadiman salah seorang warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul mengatakan, tempe benguk ini tidak dijual di sembarang pasar karena perajinnya jumlah terbatas dan paling banyak perajin tempe benguk ini berasal dari Kabupaten Kulonprogo. (eh)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024