Menteri Azwar: PNS Nakal Langsung Dipecat

Ilustrasi/Pegawai Negeri Sipil.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) akan menerapkan sanksi tegas terhadap oknum pegawai negeri sipil (PNS) yang melakukan tindak pidana dan penyalahgunaan wewenang.

Tindakan tegas ini menyusul keterlibatan sejumlah PNS Direktorat Jenderal Pajak dalam kasus suap pengurusan pajak.

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

"Nanti di proses bisa dipecat, tapi yang proses atasan dulu," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Azwar Abukabar, di Jakarta, Selasa malam 17 Juli 2012.

Proses pemberhentian sebagai PNS dilakukan melalui dua mekanisme. Pertama, berdasarkan hasil proses yang dilakukan atasan di kementerian atau lembaga terkait. Kedua, berdasarkan ketetapan pengadilan terhadap yang bersangkutan.

Azwar menegaskan akan langsung mengeluarkan SK pemecatan sebagai PNS jika oknum PNS tertangkap tangan melakukan tindak pidana. "Pegawai negeri ketangkap basah langsung diproses. Status PNS-nya langsung dipecat," ujar Azwar.

Sejauh ini, Kemen PAN telah menerima sejumlah permohonan dari Ditjen Pajak soal pemecatan pegawainya. "Di kami sudah banyak yang masuk. Kami perkuat, itu saja. Kalau dia banding, lari nya ke Menpan, sebagai badan pertimbangan ke pegawaian," tandasnya.

Skin Age Detector

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk menyediakan perawatan kulit yang komprehensif, tidak hanya fokus pada aspek estetika atau kecantikan tapi juga kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024