FOTO: Mengais Emas di Tambang Terlarang

Para Penambang Emas di Poboya Sulawesi Tengah
Sumber :
  • REUTERS/Yusuf Ahmad

VIVAnews - Poboya yang awalnya sebuah daerah tandus di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Daerah tersebut mendadak ramai setelah diserbu ribuan warga yang ingin menambang emas.

Puluhan orang berduyun-duyun ke areal pertambangan ilegal dengan harapan tinggi, memperoleh si kuning berkilau sebanyak-banyaknya. Mereka pun membuat galian-galian sendiri untuk mencari logam mulia ini.

Hal itulah yang menjadi masalah, karena diduga akan merusak lingkungan. Kepolisian Sulawesi Tengah sendiri sudah mengeluarkan ultimatum kepada para penambang untuk segera meninggalkan Poboya. Maraknya penambang emas tanpa izin dikhawatirkan menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Bukan tak mungkin, lubang-lubang berdiameter sekitar 1 meter yang dibuat serampangan ini akan membuat tanah tak stabil. Tanah longsor pun jadi ancaman.

Kondisi lingkungan Poboya saat ini gersang karena pepohonan ditebangi untuk memudahkan pencarian emas. Di perbukitan Poboya itu terdapat ratusan lubang berdiameter satu meter tempat penambang mencari emas.

Klik foto para pengais logam mulia di tambang tak berizin di tautan ini.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Ramen.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ramen is a type of noodle soup dish that is made with wheat noodles, broth, and toppings. Instant ramen may include a flash-fried or air-dried block of noodles, a flavour

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024