Indonesia Beli Lagi 6 Jet Tempur Sukhoi Rusia

Pesawat Sukhoi Rusia
Sumber :
  • indoflyer.net

VIVAnews -- Pemerintah Indonesia membeli enam unit Sukhoi Su-30 MK2 dari Rusia untuk melengkapi jet tempur TNI Angkatan Udara.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, pembelian enam unit Sukhoi Su-30 MK2 dari Rusia ini sudah diresmikan melalui penyerahan kontrak antara Kementerian Pertahanan dan produsen pesawat Rusia, JSC Rosoboronexport.

"Penyerahan kontrak sudah dilakukan kemarin, dan saat ini masih ada kontrak yang sedang berjalan," ujarnya di Gedung Kemenhan, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2011.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Sjafrie mengatakan saat ini TNI AU telah memiliki 10 unit jet tempur Sukhoi sejenis, terdiri dari enam Sukhoi Su-27 SKM dan empat Sukhoi Su-30 MK2.

"Rencananya TNI AU akan menempatkan satu skuadron Sukhoi di Pangkalan Udara Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan," jelasnya.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Menurut Sjafrie, selain pembelian jet tempur dari luar negeri, pemerintah juga tengah mengoptimalkan peningkatan industri penerbangan dalam negeri.

"Tahun 2012-2013 mendatang kami akan lakukan pemenuhan kebutuhan alutsista penerbangan secara cepat," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Ediwan Prabowo mengatakan pembelian enam unit pesawat tempur Sukhoi baru tersebut tidak termasuk senjata.

"Pembelian senilai 470 juta dollar AS itu untuk enam Sukhoi beserta suku cadangnya," jelasnya.

Menurut Ediwan, pembelian senjata belum dilakukan karena keterbatasan anggaran.

"Untuk pembelian senjata Sukhoi, baik air to air maupun air to ground telah dianggarkan pada 2012. Rencananya, rudal-rudal yang dibeli tahun 2012 akan digunakan untuk 10 Sukhoi," jelasnya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya