Satgas: 6 Akar Masalah Mafia Hukum

Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Datangi Mabes Polri : Kuntoro Mangkusubroto
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Kuntoro Mangkusubroto menekankan pentingnya memberikan perlindungan bagi whistle blowers sebagai Justice Collaborator.

"Agar kejahatan yang terorganisir seperti mafia hukum, korupsi dan narkotika bisa diberantas sampai ke akarnya. Dan itu hanya mereka yang terlibatlah yang bisa memahami tindak kejahatan di dalamnya," kata Kuntoro dalam acara International Workshop perlindungan kepada whistleblower sebagai Justice Collaborator di Hotel Arya Duta, Jakarta, Selasa 19 Juli 2011.

Kuntoro menjelaskan dalam pemberantasan mafia hukum setidaknya ada 6 akar permasalahan sebagaimana yang sudah kita identifikasi bersama. Pertama, Kelemahan manajemen sumber daya manusia. Kedua, Kelemahan kepemimpinan.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Ketiga, Gaji aparat penegak hukum yang kurang. Keempat, kelemahan dalam sistem penaganan perkara. Kelima, kelemahan pengawasan internal dan eksternal. Keenam, kelemahan pada Undang-undang yang terkait pencegahan mafia hukum.

Untuk itu, Pemerintah telah menerbitkan Inpres No 9 tahun 2011 tentang rencana aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan menjalin MoU antara eksekutif dan yudikatif yang disepakati adanya 2 peraturan untuk penguatan.

"Penguatan UU korupsi terkiat perampasan harta kekayaan yang tidak wajar dan penguatan UU 13 tahun 2006 tentang perlindungan saksi dan korban bagi pelaku yang bekerjasama," ujarnya.

Perlindungan itu lanjut Kuntoro dikhususkan bagi pelaku yang bekerjasama sebagai saksi pelapor atau informan tindak pidana yang mau bekerjasama dengan penegak hukum dan kooperatif.

"Sebagai contoh kasus Pak Agus Condro, Satgas sudah menemui beliau untuk mendiskusikan bentuk insentif perlindungan lebih jauh untuk Pak Agus," imbuhnya.

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024