Kiemas: Ada Salam Pak Harto Untuk Bu Mega

Presiden Soeharto
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Hubungan antara mantan Presiden Soeharto dengan Megawati Soekarnoputri memang dikenal kurang harmonis. Saat Soeharto bertahta sebagai presiden, Mega berada pada barisan 'di seberangnya'.

Posisi itu seolah dipertegas dengan dikotomi, 'Orde Baru' dan 'Orde Lama'. Megawati identik dengan warisan sang ayah, Soekarno sebagai penguasa Orde Lama. Sedangkan Soeharto, muncul dengan jargon Orde Barunya setelah bergolaknya masa Soekarno. Bahkan, Soeharto disebut-sebut telah melakukan 'kudeta merangkak' terhadap kekuasaan Soekarno kala itu.

Namun, di balik cerita itu, Soeharto dan Mega yang seolah 'saling bertentangan' itu menyimpan sebuah cerita harmonis yang belum terungkap ke publik. Adalah suami Megawati, Taufik Kiemas yang membeberkan kisah itu dalam peluncuran buku 'Pak Harto The Untold Stories' di Taman Mini Indonesia Indah, Rabu 8 Juni 2011.

Kala itu, dua minggu sebelum Soeharto meninggal, Kiemas berkunjung ke rumah Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut. Taufik, menjenguk Soeharto yang sedang terbaring sakit. "Saya bertamu ke rumah Mbak Tutut. Dalam pertemuan itu, Pak Harto menyapa saya dengan sebutan Mas Taufik," kata dia.

Mendengar sapaan itu, Taufik merasa sangat nyaman. "Karena itu berkesan kekeluargaan," kata dia.

Dalam obrolan kala itu, kenang Kiemas, Soeharto juga sedikit menyinggung masalah kenegaraan. Hingga, pada akhirnya, Soeharto menitipkan salam buat Megawati melalui Kiemas. "Terima kasih ya, Bu Mega telah berjuang mempertahankan NKRI dan Pancasila. Sampaikan salam saya kepada Ibu Mega," kata Kiemas menirukan pesan Soeharto kala itu.

Kiemas pun mengaku telah menyampaikan pesan Soeharto itu kepada Megawati. Namun, dia enggan mengatakan tanggapan Mega atas salam dari Soeharto itu. Dia hanya mengatakan jika masa Soeharto dan masa Soekarno sama-sama teguh memperjuangkan Pancasila. (eh)

Nilai Demokrasi Mau Luntur, Front Penyelemat Demokrasi Ikut Ajukan Amicus Curiae ke MK
Donald Trump sata menjalani sidang suap

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan ketiduran saat menghadapi persidangan pertamanya tentang kasus suap yang ia jalani di pengadilan New York. Ini ada

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024