"Islam Larang Homoseksual Tapi Tak Menghukum"

Pernikahan Gay
Sumber :
  • kcbs.com

VIVAnews - Aktivis Mohamad Guntur Romli berpendapat masalah homoseksual yang kini mulai marak dibahas, konteksnya harus dipandang secara lebih dalam.

Meski diakui secara gamblang masyarakat Indonesia terdoktrin oleh budaya ketimuran danĀ  homoseksual ini dianggap tidak wajar, tapi dalam Islam, perilaku seksual ini belum pernah dihukum secara pasti.

"Saya mengutip sebuah buku 'Khawathir Muslim fi Mas'alah Jinsiyah karya Muhammad Galal Kisyk, seorang penulis Mesir, bahwa Islam bersikap terbuka terhadap masalah-masalah seksual," kata Guntur dalam diksusi tafsir atas Homoseksual di KBR H malam ini, Senin 26 Juli 2010.

Namun demikian dalam konteks tulisan Galal Kisyk yang membandingkan kehidupan seksual tiga agama yaitu Yahudi, Kristen dan Islam, tidak ada sanksi fisik terhadap orang yang berperilaku homoseksual.

"Ia pun melaporkan bahwa hadis-hadis yang banyak dikutip untuk mengutuk dan menjatuhkan sanksi pada homoseksual termasuk kategori hadis-hadis yang lemah," kata dia.

Padahal, kata Guntur, Islam adalah agama yang termasuk mengapresiasi masalah seksualitas ini secara baik.

"Tapi mengutip Galal Kisyk bahwa tidak ada satu riwayatpun yang mengabarkan Nabi Muhammad pernah menjatuhkan sanksi fisik pada homoseksual di zamannya," kata dia.

Apakah kemudian dilarang? konteks ini diklaim berdasarkan teks-teks agama yang dirunut dari cerita Luth. Namun demikian dalam ayat-ayat di dalamnya tidak menyebut tentang hukuman bagi homoseksual.(np)

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024