11 Bencana Alam Berpotensi Terjadi di NTB

Simulasi Bencana Tsunami dan Kebakaran
Sumber :
  • Antara/Basrul Haq

VIVAnews - Wilayah Nusa Tenggara Barat tak aman dari ancaman bencana alam.

Terhitung 11 potensi bencana yang perlu diwaspadai di wilayah ini, di antaranya, gempa bumi, banjir bandang, gelombang pasang, kekeringan dan kebakaran.

Staf Ahli Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB H Yosef mengatakan telah membentuk tim reaksi cepat untuk menangani masalah bencana di NTB.

"Dari 16 jenis bencana 11 diantaranya berpotensi terjadi di NTB. Maka itu dibentuk tim reaksi cepat untuk menangani masalah tersebut," kata H Yosef kepada wartawan disela latihan tim reaksi cepat penanggulangan bencana di Mataram Selasa 13 April 2010.

Latihan penanggulangan bencana seperti gelombang pasang, banjir bandang dan banjir dilakukan di Pantai Tanjung Karang Mataram. BPBD NTB mengerahkan 30 orang personil yang terdiri dari TNI, Kepolisian, Dinas Sosial, Kesehatan, PMI, Pemadam Kebakaran, Pol PP dan SAR.

Latihan yang berlangsung selama empat hari itu dimaksudkan untuk memantapkan penanggulangan evakuasi korban bencana alam terutama banjir bandang dan gelombang pasang. Dalam latihan tersebut BPBD NTB mencoba peralatan bantuan pusat seperti tiga unit perahu karet.

Lebih lanjut Yosef mengatakan NTB adalah provinsi ketiga setelah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki tim reaksi cepat.  Latihan penanggulangan bencana tersebut merupakan salah satu upaya sosialisasi keberadaan tim reaksi cepat tersebut.

"Kami berupaya semaksimal mungkin melatih tim untuk dapat berfikir lebih cepat untuk dapat mengevakuasi korban bencana," ujarnya.

Sementara itu Komandan latihan tim reaksi cepat BPBD NTB Letda Ario Martimbang menyatakan pelatihan penanganan korban bencana tersebut akan terus dilakukan untuk memperoleh personil yang handal.

Tahap awal pelatihan tersebut diarahkan agar tim dapat mengetahui dengan cepat apa yang harus dilakukan pada saat bencana terjadi.

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

Sementara ini petugas dikenalkan pada managemen penyelamatan korban banjir bandang dan gelombang pasang.

Laporan: Edy Gustan|NTB

Mercedes-Benz GLE-Class

Ribuan SUV Mercedes-Benz Dipaksa ke Bengkel karena Berpotensi Kebakaran

Mercedes-Benz resmi melakukan penarikan kembali atau recall untuk SUV GLE dan GLS. Total yang kena recall sebanyak 7.429 unit, penarikan karena alasan potensi kebakaran.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024