Gubernur Ahmad Heryawan

Jawa Barat Rawan Longsor

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan wilayah yang dia pimpin dianugerahi Tuhan tanah mengunung-gunung dan subur. Tapi tekstur tanahnya gembur.

"Sehingga mudah longsor," kata dia kepada tvOne, Jumat 26 Februari 2010. Dia menanggapi bencana longsor yang melanda wilayah perkebunan teh di Ciwidey.

Tektur tanah yang labil itu merupakan 'hadiah' dari letusan gunung berapi yang meletus ratusan tahun lalu.

Dengan demikian, kata dia, pemerintah daerah sulit untuk menghalangi bencana longsor di sejumlah wilayah Jabar. "Tapi, kami bisa mengantisipasi untuk mencegah," kata dia.

Pemda, kata dia, sudah bekerja sama dengan Badan Geologi untuk menyosialisasi daerah-daerah mana yang rawan longsor. "Nanti, jika ada informasi terbaru, kami undang Badan Geologi menjelaskan kepada bupati atau walikota yang wilayahnya akan longsor. Apa yang harus dilakukan," jelas Ahmad.

Khusus di wilayah Ciwidey, Ahmad menjelaskan korban hilang masih 43 orang. "Masa tanggap darurat ditetapkan 14 hari," kata dia.

Jika korban tidak ditemukan juga, Pemerintah akan mengumpulkan keluarga korban hilang dan Majelis Ulama Indonesia. "Untuk mencari apa yang harus dilakukan."

Selasa lalu, bencana longsor melanda Pasirjambu Ciwidey, Jawa Barat. Berdasarkan data terakhir yang diperoleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tercatat sudah 22 orang ditemukan tertimbun longsor.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024